Resensi Buku

CONTOH TEKS RESENSI
Keanekaragaman Bahasa
Karya : Simbara Rimbu


Judul buku : Seri Kumpulan Cerpen Asal Usul Pohon Salak dan Cerita-Cerita Bermakna Lainnya
Editor : Seng Hansen
Desainer grafis : Poise Design
Kertas sampul : AC 210 gsm
Kertas isi : HVS 70 gsm
Jumlah halaman : 68 hal
Font : Calibri, perpetua titling, short hand
Penerbit : Insight Vidyasena Production
Alamat penerbit : Jl. Kenari Gg. Tanjung I No. 231. Telp. 0274 542 919, Yogyakarta 55165
Manajer produksi buku : Fengky
Tahun terbit : Cetakan pertama, Oktober 2011

Willy Yanto Wijaya adalah salah satu penulis cerpen pada buku seri kumpulan cerpen asal usul pohon salak. Latar belakang Willy Yanto Wijaya dan penulis lainnya yang merupakan penganut Buddha mempengaruhi cerpen yang ditulisnya. Willy Yanto Wijaya adalah alumnus studi S1 di jurusan fisika ITB (2003-2008) dengan predikat cumlaude.
Buku seri kumpulan cerpen asal usul pohon salak yang diterbitkan oleh penerbit Insight Vidyasena Production tahun 2011 adalah buku yang patut dibaca, terdapat 15 cerpen di dalam buku ini. Asal usul pohon salak adalah cerpen utama ya nibg disajikan. Cerpen karya Willy Yanto Wijaya ini berawal dari seorang kakek yang sedang membersihkan kebun salak miliknya dan ada anak-anak yang mengejar anak ular, tetapi kakek itu melarang menangkapnya karena ular adalah predator tikus, tikus ini suka makan buah salak. Kemudian, salah satu dari anak-anak itu ada yang bertanya "Oh ya kek, koq kulit salak mirip sama kulit ular ya?" Kakek ini tahu cerita asal usul salak, tapi kakek tidak mau menceritakannya, sebelum anak-anak itu berjanji  "Baiklah, kalau kalian janji akan menghargai setiap bentuk kehidupan, merawat alam dan kebun salak kita dan rajin belajar, kakek akan cerita! Gimana? Setuju". "Setuju" sahut anak-anak serempak. Kalian pasti penasaran ingin melanjutkan cerpen tersebut kan? Akhir cerpen ini juga disampaikan amanat yang terkandung di dalamnya. Kertas cerpennya juga menarik karena ada hiasan bunga di ujung atasnya. Selain cepen asal usul pohon salak, masih ada 14 cerpen yang sama-sama menarik. Kekurangan dari buku ini yaitu profil penulis tidak dicantumkan  pada daftar isi, padahal profil penulis ada pada salah satu halaman terakhir.

Sumber Gambar : https://www.google.co.id/search?q=Seri+kumpulan+cerpen+asal+usul+pohon+salak+dan+cerita+bermakna+lainnya&safe=strict&client=ms-android-samsung&prmd=nimv&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwi-w73wm_HcAhVJQo8KHQRHCIIQ_AUIEigC&biw=360&bih=560#imgrc=kAfEaB962bmTrM:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerakan Berkebun Ramah Lingkungan Berskala Rumahan untuk Meningkatkan Produktivitas di Masa Pandemi Covid-19

Implementasi Teori Belajar dalam Kurikulum Merdeka