Pembelajaran Abad 21

Abad 21 yang dikenal sebagai abad pengetahuan merupakan landasan utama untuk berbagai aspek kehidupan. Paradigma pembelajaran Abad 21 menekankan pada keterampilan peserta didik untuk berpikir kritis, mampu menghubungkan ilmu dengan dunia nyata, menguasai teknologi informasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi. Pembelajaran Abad 21 mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi (Anggraeni dan Sole, 2018).
Kompetensi abad 21 telah diadaptasi dalam sistem pendidikan di Indonesia melalui Kurikulum 2013. Perencanaan pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013 berkembang dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013 meliputi enam indikator antara lain; kegiatan pendahuluan pembelajaran; pengelolaan kegiatan inti dan penguasaan materi pelajaran; pemanfaatan sumber dan media/alat pembelajaran; penguatan keterampilan Abad 21 (Communication, Collaboration, Critical Thinking, and Creativity/4C); serta kegiatan penutupan pembelajaran (Andrian dan Rusman, 2019).
Pendidikan pada Abad 21 menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai seseorang, sehingga diharapkan pendidikan dapat mempersiapkan peserta didik untuk menguasai berbagai keterampilan tersebut agar menjadi pribadi yang sukses dalam hidup. Keterampilan-keterampilan penting di Abad ke-21 masih relevan dengan empat pilar kehidupan yang mencakup learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together (Jayadi dkk., 2020).

Berdasarkan beberapa sumber referensi tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Abad 21 ditandai dengan perkembangan teknologi yang semakin baik. Peserta didik perlu memiliki keterampilan untuk mengintegrasikan berbagai keterampilan yang dapat menunjang dalam proses pembelajaran. Serta guru harus beradaptasi dengan perkembangan dunia pendidikan yang berbasis pada empat pilar kehidupan dan keterampilan 4C.


Sumber :

Andrian, Y., dan Rusman, R. (2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116.

Anggraeni, D. M., dan Sole, F. B. (2018). E-Learning Moodle, Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 1(2), 57. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.101.

Jayadi, A., Putri, D. H., dan Johan, H. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Kota Bengkulu dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.25-32.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerakan Berkebun Ramah Lingkungan Berskala Rumahan untuk Meningkatkan Produktivitas di Masa Pandemi Covid-19

Implementasi Teori Belajar dalam Kurikulum Merdeka