Pembelajaran Abad 21
Abad
21 yang dikenal sebagai abad pengetahuan merupakan landasan utama untuk
berbagai aspek kehidupan. Paradigma pembelajaran Abad 21 menekankan pada
keterampilan peserta didik untuk berpikir kritis, mampu menghubungkan ilmu
dengan dunia nyata, menguasai teknologi informasi, berkomunikasi, dan
berkolaborasi. Pembelajaran Abad 21 mengintegrasikan kemampuan literasi,
kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap
teknologi (Anggraeni dan Sole,
2018).
Kompetensi
abad 21 telah diadaptasi dalam sistem pendidikan di Indonesia melalui Kurikulum
2013. Perencanaan pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013 berkembang dengan
baik. Pelaksanaan pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013 meliputi enam
indikator antara lain; kegiatan pendahuluan pembelajaran; pengelolaan kegiatan
inti dan penguasaan materi pelajaran; pemanfaatan sumber dan media/alat
pembelajaran; penguatan keterampilan Abad 21 (Communication, Collaboration, Critical Thinking, and Creativity/4C);
serta kegiatan penutupan pembelajaran (Andrian dan Rusman,
2019).
Pendidikan pada Abad 21 menuntut berbagai
keterampilan yang harus dikuasai seseorang, sehingga diharapkan pendidikan
dapat mempersiapkan
peserta didik untuk menguasai berbagai keterampilan tersebut agar menjadi
pribadi yang sukses dalam hidup. Keterampilan-keterampilan penting di Abad
ke-21 masih relevan dengan empat pilar kehidupan yang mencakup learning to know, learning to do, learning
to be, dan learning to live together (Jayadi dkk., 2020).
Berdasarkan beberapa sumber referensi tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Abad 21 ditandai dengan
perkembangan teknologi yang semakin baik. Peserta didik perlu memiliki
keterampilan untuk mengintegrasikan berbagai keterampilan yang dapat menunjang
dalam proses pembelajaran. Serta guru harus beradaptasi dengan perkembangan
dunia pendidikan yang berbasis pada empat pilar kehidupan dan keterampilan 4C.
Sumber :
Andrian, Y., dan Rusman, R.
(2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013. Jurnal
Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23.
https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116.
Anggraeni, D. M., dan Sole,
F. B. (2018). E-Learning Moodle, Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal
Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 1(2), 57.
https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.101.
Jayadi, A., Putri, D. H., dan Johan, H. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 pada Aspek
Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Kota Bengkulu dalam Mata Pelajaran
Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 25–32.
https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.25-32.
Ditunggu ilmu pengetahuan berikut nya 🙌
BalasHapusSiap
Hapus