Pembelajaran Inkuiri

Kembali lagi dengan postingan baru dari situs blogspot Simbara Rimbu. Kesempatan kali ini penulis ingin mengulas salah satu jenis pembelajaran yang sering kita lakukan dalam kelas. Kalau kalian senang dengan kegiatan menyelidiki ala-ala peneliti berarti kalian melakukan salah satu bagian dari pembelajaran inkuiri. Ini cocok banget dengan materi-materi pelajaran eksak seperti fisika yang di dalamnya banyak sekali proses penyelidikan lewat praktikum untuk mencari tau gejala fisis yang ada di sekitar kita.

Berikut ini merupakan salah satu referensi yang penulis pakai untuk tinjauan pustaka tentang pembelajaran inkuiri dalam penelitiannya.





Gambar 1 Ilustrasi Pembelajaran Inkuiri
Sumber : Penulis

Peserta didik membutuhkan inovasi model pembelajaran. Oleh sebab itu, pembelajaran fisika dianggap sebagai pelajaran yang sulit karena membutuhkan penjelasan yang sulit dan abstrak. Selain itu, juga disebabkan karena banyaknya persamaan yang digunakan. Berbagai tantangan dalam pelajaran fisika juga menunjukkan ketertarikan peserta didik pada pelajaran fisika jika materi yang dipelajari melibatkan peserta didik (Wahyuni dkk., 2018).

Pembelajaran inkuiri merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Proses berpikir itu sendiri biasanya dilakukan melalui tanya jawab antara guru dan peserta didik. Strategi pembelajaran inkuiri merupakan bentuk dari pembelajaran yang berorientasi kepada peserta didik. Pembelajaran ini peserta didik memegang peran yang sangat dominan dalam proses pembelajaran (Khoiri, 2021).

Inkuiri berasal dari kata to inquire (inquiry) yang berarti ikut serta atau terlibat, dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan, mencari informasi, dan melakukan penyelidikan. Tujuan dari pembelajaran dengan metode inkuiri ini adalah untuk memberikan cara bagi anak untuk membangun kecakapan-kecakapan intelektual (kecakapan berpikir) terkait dengan proses-proses berpikir reflektif. Adapun jenis-jenis pembelajaran inkuiri yaitu sebagai berikut.

a.    Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry)

Inkuiri terbimbing (Guide Inquiry) adalah jenis pembelajaran inkuiri yang mana guru memiliki peranan untuk membimbing langkah-langkah yang dapat peserta didik lakukan. Jenis inkuiri terbimbing biasanya dipakai untuk peserta didik yang belum berpengalaman belajar dengan metode inkuiri.

b.    Inkuiri Bebas (Free Inquiry)

Inkuiri bebas (Free Inquiry) adalah jenis pembelajaran inkuiri yang mana peserta didik bebas untuk melakukan penelitian sendiri sesuai dengan apa yang akan dikaji. Peserta didik pada pembelajaran harus mengidentifikasi dan merumuskan sendiri topik atau permasalahan yang akan diselidiki. Metode yang dipakai adalah inquiry role approach, yang mana anak-anak dibagi dalam kelompok-kelompok tertentu. Setiap anggota kelompok memiliki tugas masing-masing perlu diselesaikan.

c.    Inkuiri Bebas yang Dimodifikasi (Modified Free Inquiry)

Inkuiri bebas yang dimodifikasi (Modified Free Inquiry) adalah metode pembelajaran inkuiri dengan cara mengkombinasikan antara inkuiri terbimbing dengan inkuiri bebas bahwa metode inkuiri modifikasi adalah guru memberikan kebebasan kepada untuk lebih eksploratif dalam proses pembelajaran, namun dalam beberapa keadaan guru ikut serta untuk memberikan saran atau masukan kepada anak, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimal (Khusnaya dan Kusumaningtyas, 2022).

Pembelajaran inkuiri merupakan kegiatan yang melibatkan dan mengikutsertakan peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Jenis-jenis pembelajaran inkuiri yaitu inkuiri terbimbing (Guide Inquiry), inkuiri bebas (Free Inquiry), dan inkuiri bebas yang dimodifikasi (Modified Free Inquiry).


DAFTAR PUSTAKA

Wahyuni, S., Kosim, & Gunawan. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 240–246.

Khoiri, N. (2021). Efektivitas Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 72–77. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.8313.

Khusnaya, F. A., & Kusumaningtyas, N. (2022). Analisis Penerapan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Wawasan Pendidikan, 2(24), 21–31.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerakan Berkebun Ramah Lingkungan Berskala Rumahan untuk Meningkatkan Produktivitas di Masa Pandemi Covid-19

Implementasi Teori Belajar dalam Kurikulum Merdeka