Pembelajaran Inkuiri
Kembali lagi dengan postingan baru dari situs blogspot Simbara
Rimbu. Kesempatan kali ini penulis ingin mengulas salah satu jenis pembelajaran
yang sering kita lakukan dalam kelas. Kalau kalian senang dengan kegiatan
menyelidiki ala-ala peneliti berarti kalian melakukan salah satu bagian dari
pembelajaran inkuiri. Ini cocok banget dengan materi-materi pelajaran eksak
seperti fisika yang di dalamnya banyak sekali proses penyelidikan lewat
praktikum untuk mencari tau gejala fisis yang ada di sekitar kita.
Berikut ini merupakan salah satu referensi yang penulis pakai untuk tinjauan pustaka tentang pembelajaran inkuiri dalam penelitiannya.
Peserta
didik membutuhkan inovasi model pembelajaran. Oleh sebab itu, pembelajaran
fisika dianggap sebagai pelajaran yang sulit karena membutuhkan penjelasan yang
sulit dan abstrak. Selain itu, juga disebabkan karena banyaknya persamaan yang
digunakan. Berbagai tantangan dalam pelajaran fisika juga menunjukkan
ketertarikan peserta didik pada pelajaran fisika jika materi yang dipelajari
melibatkan peserta didik (Wahyuni dkk., 2018).
Pembelajaran
inkuiri merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses
berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban
dari suatu masalah yang dipertanyakan. Proses berpikir itu sendiri biasanya
dilakukan melalui tanya jawab antara guru dan peserta didik. Strategi
pembelajaran inkuiri merupakan bentuk dari pembelajaran yang berorientasi kepada
peserta didik. Pembelajaran ini peserta didik memegang peran yang sangat
dominan dalam proses pembelajaran (Khoiri, 2021).
Inkuiri
berasal dari kata to inquire (inquiry) yang
berarti ikut serta atau terlibat, dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan,
mencari informasi, dan melakukan penyelidikan. Tujuan dari pembelajaran dengan
metode inkuiri ini adalah untuk memberikan cara bagi anak untuk membangun
kecakapan-kecakapan intelektual (kecakapan berpikir) terkait dengan proses-proses
berpikir reflektif. Adapun jenis-jenis pembelajaran inkuiri yaitu sebagai
berikut.
a.
Inkuiri
Terbimbing (Guide Inquiry)
Inkuiri
terbimbing (Guide Inquiry) adalah
jenis pembelajaran inkuiri yang mana guru memiliki peranan untuk membimbing langkah-langkah
yang dapat peserta didik lakukan. Jenis inkuiri terbimbing biasanya dipakai
untuk peserta didik yang belum berpengalaman belajar dengan metode inkuiri.
b.
Inkuiri Bebas (Free Inquiry)
Inkuiri
bebas (Free Inquiry) adalah jenis
pembelajaran inkuiri yang mana peserta didik bebas untuk melakukan penelitian
sendiri sesuai dengan apa yang akan dikaji. Peserta didik pada pembelajaran
harus mengidentifikasi dan merumuskan sendiri topik atau permasalahan yang akan
diselidiki. Metode yang dipakai adalah inquiry
role approach, yang mana anak-anak dibagi dalam kelompok-kelompok tertentu.
Setiap anggota kelompok memiliki tugas masing-masing perlu diselesaikan.
c.
Inkuiri Bebas
yang Dimodifikasi (Modified Free Inquiry)
Inkuiri
bebas yang dimodifikasi (Modified Free
Inquiry) adalah metode pembelajaran inkuiri dengan cara mengkombinasikan
antara inkuiri terbimbing dengan inkuiri bebas bahwa metode inkuiri modifikasi
adalah guru memberikan kebebasan kepada untuk lebih eksploratif dalam proses
pembelajaran, namun dalam beberapa keadaan guru ikut serta untuk memberikan
saran atau masukan kepada anak, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih
optimal (Khusnaya dan Kusumaningtyas,
2022).
Pembelajaran
inkuiri merupakan kegiatan yang melibatkan dan mengikutsertakan peserta didik
untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Jenis-jenis pembelajaran
inkuiri yaitu inkuiri terbimbing (Guide
Inquiry), inkuiri bebas (Free Inquiry),
dan inkuiri bebas yang dimodifikasi (Modified
Free Inquiry).
DAFTAR PUSTAKA
Wahyuni, S., Kosim, & Gunawan. (2018). Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen untuk
Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi,
4(2), 240–246.
Khoiri, N. (2021). Efektivitas Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 72–77. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.8313.
Khusnaya, F. A., & Kusumaningtyas, N. (2022). Analisis Penerapan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Wawasan Pendidikan, 2(24), 21–31.
Komentar
Posting Komentar