Contoh Proyek Perubahan Tentang Pendidikan yang Berpihak dan Memerdekakan Peserta Didik dalam Pembelajaran Abad 21

 

Gambar 1. Proyek video pembelajaran (sumber: penulis)

Nama Proyek : Pembuatan Video Pembelajaran

Satuan Pendidikan : SMA

Fase/Kelas : E/X.4

Mata Pelajaran : Fisika

Model Pembelajaran : Project Based Learning (PjBL)

Bab : 8 Pemanasan Global (Konsep dan Solusi)

Subbab : 8.3 Aktivitas Manusia yang Menyebabkan Perubahan Lingkungan

1.    Pengertian Proyek

Proyek adalah tugas yang kompleks, berdasarkan tema yang menantang, yang melibatkan siswa dalam mendesain, memecahkan masalah, mengambil keputusan, atau kegiatan investigasi, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan dalam menghasilkan produk.

Proyek pembuatan video pembelajaran dapat membuat peserta didik memahami topik pembelajaran karena melatih kreativitas peserta didik dalam kelompok dan diwujudkan dalam sebuah video. Proyek pembuatan video ini dapat dibuat dalam kelompok sehingga dapat melatih kerja sama peserta didik.

2.    Tujuan Proyek

Tujuan Pembelajaran Berbasis Proyek adalah sebagai berikut.

a.    Memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran;

b.    Meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah proyek;

c.    Membuat siswa lebih aktif dalam memecahkan masalah proyek yang kompleks dengan hasil produk nyata berupa barang atau jasa;

d.   Mengembangkan dan meningkatkan keterampilan ssiwa dalam mengelola sumber/bahan/alat untuk menyelesaikan tugas/proyek; dan

e.    Meningkatkan kolaborasi siswa khususnya pada Pembelajaran Berbasis Proyek yang bersifat kelompok.

3.    Langkah-langkah Pembuatan Proyek

Langkah-langkah pembuatan proyek pembuatan video pembelajaran tentang aktivitas manusia yang menyebabkan perubahan lingkungan dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah dalam model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yaitu sebagai berikut.

a.    Mengajukan pertanyaan esensial

Guru memberikan pertanyaan pemantik tentang apa saja aktivitas manusia yang dapat menyebabkan perubahan lingkungan dan apa dampaknya terhadap lingkungan. Selanjutnya peserta didik dapat mengidentifikasi jawaban pemantik tersebut. Peserta didik kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan proyek pembuatan video pembelajaran tentang aktivitas manusia penyebab perubahan lingkungan. Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok untuk menyelesaikan proyek video ini.

b.    Mendesain rencana proyek

Peserta didik bersama dengan guru merencanakan waktu dan teknis dalam pembuatan video pembelajaran. Proyek ini direncanakan dalam 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama peserta didik dan guru melaksanakan langkah-langkah a-d dan pada pertemuan kedua melaksanakan langkah-langkah e-f.

c.    Menyusun jadwal kegiatan

Guru dan peserta didik merencanakan jadwal kegiatan pembuatan proyek video pembelajaran tentang aktivitas manusia yang dapat menyebakan perubahan lingkungan. Jadwal kegiatan direncanakan dalam waktu 1 minggu 2 kali pertemuan. 

d.   Memonitoring aktivitas siswa

Guru tetap memantau perkembangan proyek video dalam kelompok walaupun di luar pertemuan dan pembahasan dalam kelas. Monitoring dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi seperti chat WhatsApp melalui handphone. Guru dapat memantau perkembangan proyek kelompok siswa dan sebaliknya siswa dapat menanyakan kepada guru apabila terdapat kendala dalam pembuatan proyek.

e.    Menilai keberhasilan siswa

Pada pertemuan kedua guru dapat menilai keberhasilan siswa dalam menyelesaikan proyek pembuatan video pembelajaran yang ditampilkan di depan kelas. Guru dan peserta didik dapat memberikan komentar untuk saran yang lebih baik dari proyek video yang telah dibuat. Guru menilai video pembelajaran siswa secara berkelompok berdasarkan panduan penilaian video.

f.     Mengevaluasi pengalaman siswa

Langkah terakhir dalam pelaksanaan proyek ini dapat dilakukan guru dengan menanyakan pengalaman siswa dalam pembuatan proyek. Peserta didik dapat mengutarakan dan menceritakan pengalamannya dalam membuat proyek video pembelajaran ini. Pengalaman dapat berupa cara pembuatan proyek ataupun kendala yang dialami selama pembuatan proyek dan pengalaman lainnya. guru selanjutnya dapat memberi penguatan terkait pengalaman siswa dalam mengerjakan proyek.

4.    Kesimpulan

Proyek pembuatan video pembelajaran tentang aktivitas manusia yang dapat mengakibatkan perubahan lingkungan ini sebagai sebuah rencana untuk mewujudkan pendidikan yang berpihak dan memerdekakan peserta didik. Hal ini dikarenakan peserta didik dalam kelompok dapat berkolaborasi dan berkreasi dalam membuat proyeknya. Secara tidak langsung melalui tugas proyek ini melatih keterampilan 4C peserta didik yaitu communication, collaboration, critical thinking, dan creativity yang diharapkan dalam pembelajaran abad 21.

Catatan: Topik 5 Aksi Nyata Mata Kuliah Filosofi Pendidikan Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerakan Berkebun Ramah Lingkungan Berskala Rumahan untuk Meningkatkan Produktivitas di Masa Pandemi Covid-19

Pemikiran Filosofis Ki Hajar Dewantara

Implementasi Teori Belajar dalam Kurikulum Merdeka