Contoh Proyek Perubahan Tentang Pendidikan yang Berpihak dan Memerdekakan Peserta Didik dalam Pembelajaran Abad 21
Gambar 1. Proyek video pembelajaran (sumber: penulis)
Nama Proyek :
Pembuatan Video Pembelajaran
Satuan Pendidikan :
SMA
Fase/Kelas :
E/X.4
Mata Pelajaran :
Fisika
Model Pembelajaran : Project
Based Learning (PjBL)
Bab : 8 Pemanasan Global (Konsep dan Solusi)
Subbab :
8.3 Aktivitas Manusia yang Menyebabkan Perubahan Lingkungan
1.
Pengertian
Proyek
Proyek
adalah tugas yang kompleks, berdasarkan tema yang menantang, yang melibatkan
siswa dalam mendesain, memecahkan masalah, mengambil keputusan, atau kegiatan
investigasi, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja dalam periode
waktu yang telah dijadwalkan dalam menghasilkan produk.
Proyek pembuatan video pembelajaran dapat membuat peserta didik memahami topik pembelajaran karena melatih kreativitas peserta didik dalam kelompok dan diwujudkan dalam sebuah video. Proyek pembuatan video ini dapat dibuat dalam kelompok sehingga dapat melatih kerja sama peserta didik.
2.
Tujuan
Proyek
Tujuan
Pembelajaran Berbasis Proyek adalah sebagai berikut.
a. Memperoleh
pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran;
b. Meningkatkan
kemampuan siswa dalam pemecahan masalah proyek;
c. Membuat
siswa lebih aktif dalam memecahkan masalah proyek yang kompleks dengan hasil
produk nyata berupa barang atau jasa;
d. Mengembangkan
dan meningkatkan keterampilan ssiwa dalam mengelola sumber/bahan/alat untuk
menyelesaikan tugas/proyek; dan
e. Meningkatkan kolaborasi siswa khususnya pada Pembelajaran Berbasis Proyek yang bersifat kelompok.
3.
Langkah-langkah
Pembuatan Proyek
Langkah-langkah
pembuatan proyek pembuatan video pembelajaran tentang aktivitas manusia yang
menyebabkan perubahan lingkungan dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah
dalam model pembelajaran Project Based
Learning (PjBL)
yaitu sebagai berikut.
a. Mengajukan
pertanyaan esensial
Guru
memberikan pertanyaan pemantik tentang apa saja aktivitas manusia yang dapat
menyebabkan perubahan lingkungan dan apa dampaknya terhadap lingkungan. Selanjutnya
peserta didik dapat mengidentifikasi jawaban pemantik tersebut. Peserta didik
kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan proyek pembuatan
video pembelajaran tentang aktivitas manusia penyebab perubahan lingkungan.
Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok untuk menyelesaikan
proyek video ini.
b. Mendesain
rencana proyek
Peserta
didik bersama dengan guru merencanakan waktu dan teknis dalam pembuatan video
pembelajaran. Proyek ini direncanakan dalam 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama
peserta didik dan guru melaksanakan langkah-langkah a-d dan pada pertemuan
kedua melaksanakan langkah-langkah e-f.
c. Menyusun
jadwal kegiatan
Guru dan peserta didik merencanakan jadwal kegiatan pembuatan proyek video pembelajaran tentang aktivitas manusia yang dapat menyebakan perubahan lingkungan. Jadwal kegiatan direncanakan dalam waktu 1 minggu 2 kali pertemuan.
d. Memonitoring
aktivitas siswa
Guru
tetap memantau perkembangan proyek video dalam kelompok walaupun di luar
pertemuan dan pembahasan dalam kelas. Monitoring dapat dilakukan dengan
memanfaatkan teknologi komunikasi seperti chat
WhatsApp melalui handphone. Guru
dapat memantau perkembangan proyek kelompok siswa dan sebaliknya siswa dapat
menanyakan kepada guru apabila terdapat kendala dalam pembuatan proyek.
e. Menilai
keberhasilan siswa
Pada
pertemuan kedua guru dapat menilai keberhasilan siswa dalam menyelesaikan
proyek pembuatan video pembelajaran yang ditampilkan di depan kelas. Guru dan
peserta didik dapat memberikan komentar untuk saran yang lebih baik dari proyek
video yang telah dibuat. Guru menilai video pembelajaran siswa secara
berkelompok berdasarkan panduan penilaian video.
f. Mengevaluasi
pengalaman siswa
Langkah terakhir dalam pelaksanaan proyek ini dapat dilakukan guru dengan menanyakan pengalaman siswa dalam pembuatan proyek. Peserta didik dapat mengutarakan dan menceritakan pengalamannya dalam membuat proyek video pembelajaran ini. Pengalaman dapat berupa cara pembuatan proyek ataupun kendala yang dialami selama pembuatan proyek dan pengalaman lainnya. guru selanjutnya dapat memberi penguatan terkait pengalaman siswa dalam mengerjakan proyek.
4.
Kesimpulan
Proyek pembuatan video pembelajaran tentang aktivitas manusia yang dapat mengakibatkan perubahan lingkungan ini sebagai sebuah rencana untuk mewujudkan pendidikan yang berpihak dan memerdekakan peserta didik. Hal ini dikarenakan peserta didik dalam kelompok dapat berkolaborasi dan berkreasi dalam membuat proyeknya. Secara tidak langsung melalui tugas proyek ini melatih keterampilan 4C peserta didik yaitu communication, collaboration, critical thinking, dan creativity yang diharapkan dalam pembelajaran abad 21.
Catatan: Topik 5 Aksi Nyata Mata Kuliah Filosofi Pendidikan Indonesia
Komentar
Posting Komentar